8th Annual AwyaNgobrol Awards – The Winners

MovieholicHub.com - The Fits - Watch Movie Trailers

And.. it’s a wrap! But, hang on..

Here’s to the ones who dream
Foolish as they may seem

Anyway.. berikut adalah daftar para pemenang dari 8th Annual AwyaNgobrol Awards. Congrats, Class of 2016!

The Winners:

  • Best Picture: Things to Come 
  • Best Director: László Nemes, “Son of Saul”
  • Best Actor: Colin Farrell, “The Lobster”
  • Best Actress: Isabelle Huppert, “Elle”
  • Best Supporting Actor: Sylvester Stallone, “Creed”
  • Best Supporting Actress: Lily Gladstone, “Certain Women”
  • Best Screenplay: Whit Stillman, “Love & Friendship”
  • Best Cinematography: Paul Yee, “The Fits”
  • Best Editing: Kim Sang-bum and Kim Jae-bum, “The Handmaiden”
  • Best Score: Danny Bensi and Saunder Jurriaans, “The Fits”
  • Best Production Design: Seong-hie Ryu, “The Handmaiden”
  • Best Costume Design: Giulia Piersanti, “A Bigger Splash”
  • Best Make Up & Hairstyling: Sian Grigg, et al., “The Revenant”
  • Best Visual Effects: Richard McBride, et al., “The Revenant”
  • Best Sound (Editing and Mixing): Tamás Dévényi, et al., “Son of Saul”

***

Previous winners:

8th Annual AwyaNgobrol Awards – The Nominees!

a-bigger-splash-2

Awal tahun, waktu yang tepat untuk mengumumkan ritual tahunan berbentuk penghargaan khusus bagi film-film yang saya simak sepanjang tahun 2016 kemarin. Kali ini, AwyaNgobrol Awards telah memasuki tahun yang kedelapan.

Berikut adalah daftar lengkap para nominenya.  Continue reading “8th Annual AwyaNgobrol Awards – The Nominees!”

Top 10 Films of 2016

Hell or High Water

Apa benar tahun 2016 seburuk itu? Mari coba saya flashback pengalaman menyimak film di sepanjang tahun ini. Di awal tahun saya menyimak “The Revenant” yang mengantarkan Leonardo Dicaprio ke podium Oscar. Saya ingat menyukai pendekatan Alejandro Gonzalez Inarritu pada film ini yang sekilas mengingatkan dengan Terrence Malick, namun, belum cukup kuat masuk dalam daftar ini. Saya pun lumayan menikmati “Macbeth”, sayangnya selain penampilan Marion Cottilard yang gemilang, tidak ada pertimbangan yang bisa menyakinkan saya untuk memilihnya sebagai yang mengesankan tahun ini.

Setiap tahunnya, bagi saya, periode musim panas selalu menjadi waktu di mana dana pengeluaran banyak beralih untuk pembelian tiket bioskop. Tahun ini, musim panas tidaklah begitu berkesan bagi saya. Dengan nada bercanda saya menyebutnya The Year of Suudzon. Sebutan itu saya tuju pada dua blockbuster tahun ini, yang well kalau saja mereka, para manusia super ini, tidak keburu suudzon; entah dari premis “Batman V Superman”–masih ingat dengan Martha, Kawan?–atau “Captain America: Civil War” yang meninggalkan rasa sungguh tidak sedap, hasrat menonjok Steve Rogers dan Tony Stark semakin kuat seiring film berakhir. Saya mencintai The Winter Soldier, namun Civil War benar-benar menyebalkan.

Suguhan lainnya, saya menikmati “Deadpool”; menganggap “Suicide Squad”  tidaklah seburuk itu; “X-Men: Apocalypse” terkesan lewat begitu saja, namun oke lah; dan Valak mungkin lebih terkenal dari filmnya sendiri, namun The Conjuring 2 meskipun tidak seperti film terdahulunya, pantas untuk menjadi media penyaluran energi fun berteriak kencang di dalam bioskop. Di lain hal, saya malah menemukan kesenangan pada karya Tim Burton terakhir, “Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children”–bagi saya salah satu film underrated tahun ini. Kemudian ada Fantastic Beasts and Where to Find Them yang awalnya saya petieskan, siapa sangka malah menjadi film paling banyak saya tonton di bioskop.

Jika berbicara tentang kancah para auteur tahun ini, saya sempat menyimak “Billy Lynn’s Long Halftime Walk”, proyek super mahal dari Ang Lee, katanya akan menjadi bentuk film di masa akan datang. Namun , menyimaknya dalam bioskop yang tidak mendukung teknologi tersebut sungguhlah sia-sia. Terlihat tidak sinematis, di satu sisi, pun sebagai film yang tanpa embel-embel teknologi tersebut, Billy Lynn’s.. bukanlah film dengan cerita yang baru dan menarik. Robert Zemeckis hadir lewat “Allied”, mempertemukan dua movie star, sayangnya, ibarat kerupuk yang lupa disimpan dalam toples; melempem. Sementara “Passengers”…  really Tyldum?

Di penghujung tahun akhirnya saya menyimak “Rogue One:A Star Wars Story”, film paling saya tunggu sepanjang tahun, sayangnya tidak menemukan kesenangan yang saya rasakan ketika menyimak The Force Awakens. Well, maybe I just expected too much.

Mari sudahi rambling yang tidak bertuas ini dan beralih ke film-film yang paling mengesankan bagi saya tahun ini. 2016, was not that bad.

Runners-up:

Sebelum menuju ke sepuluh terbaik, ada lima film yang bersaing sengit untuk merangsek masuk ke jajaran sepuluh terbaik, yang mungkin saja, di lain waktu, saya memilihnya masuk di sepuluh besar. Ada “Hail, Caesar!” dari Coen Brothers, sebuah surat cinta untuk studio Hollywood dengan keunikan yang mengingatkan akan karya Roy Andersson; Park Chan-wook mengurai sensualitas dan kecabulan lewat “The Handmaiden”; ada pula “Hell or High Water” yang memberikan suguhan tiga aktor dengan penampilan mengesankan dalam film yang terasa seperti saudara dekat dari “No Country for Old Men”; kemudian ada “Spotlight”, drama jurnalisme yang memang terasa minim letupan, prosedural, namun hadir dengan pintar dan penuh ketelitian, dengan barisan ensemble cast menawan; terakhir, ada “Your Name”, yang mengingatkan kita bagaimana magisnya storytelling dan imajinasi jika diramu dengan cermat

Berikut sepuluh film pilihan saya di tahun 2016 ini.  Continue reading “Top 10 Films of 2016”

10 Albums of 2016

whitney

First, a shout-out to five albums that almost made the final cut:

Runners-up: “The Colour in Anything” by James Blake; “Sirens” by Nicolas Jaar; “For All We Know” by NAO; “22, A Million” by Bon Iver; and “Dangerous Woman” by Ariana Grande

And here they are the ten best records I’ve listened this year..

  1. “A Seat at the Table” by Solange
  2. “Hopelessness” by ANOHNI
  3. “99.9%” by KAYTRANADA
  4. “I Like It When You Sleep, for You Are So Beautiful yet So Unaware of It” by The 1975
  5. “Windflower” by The Avalanches
  6. “Lemonade” by Beyonce
  7. “Freetown Sound” by Blood Orange
  8. “Blonde” by Frank Ocean
  9. “Anti” by Rihanna
  10. “Light Upon the Lake” by Whitney

 

See also: 10 Songs of 2016

***

Archives: Best Albums 2010 | 2011 | 2012 (no list) | 2013 | 2014 | 2015 |

10 Albums of the Decade, So Far (2010-2014)

10 Songs of 2016

solange

Runners-up: “Boyfriend” by Tegan and Sara; “Million Reasons” by Lady Gaga; “No Women” by Whitney; “Adore You” by NAO; and “Treat You Better” by Shawn Mendes

And the ten best tracks of the year are..

  1. “Cranes in the Sky” by Solange [listen]
  2. “Drone Bomb Me” by ANOHNI [listen]
  3. “E.V.P” by Blood Orange [listen]
  4. “Solo” by Frank Ocean [listen]
  5. “Love & Hate” by Michael Kiwanuka [listen]
  6. “Work from Home” by Fifth Harmony (feat. Ty Dolla $ign) [listen]
  7. “Sorry” by Beyonce [listen]
  8. “Into You” by Ariana Grande [listen]
  9. “Together” by KAYTRANADA (feat AlunaGeorge and Goldlink) [listen]
  10. “I Need a Forest Fire” by James Blake (feat. Bon Iver) [listen]

***

Archives: Top 10 Songs in 2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 |

10 Songs of the Decade, So Far (2010-2014)